Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Rencanakan Liburan Keluarga Lebih Praktis dengan Menggunakan KoinRobo

3 min read

Liburan keluarga memiliki banyak manfaat, tidak hanya untuk menghilangkan stres. Acara liburan bersama keluarga juga bisa meningkatkan bonding antara orangtua dan anak. Semakin sering melakukan aktivitas bersama selama liburan, maka akan semakin banyak pula momen bahagia yang diingat anak hingga kelak dewasa.

Demi mendapatkan liburan keluarga yang nyaman, seorang blogger atau freelance perlu membuat rencana liburan dengan teliti. Salah satunya, terkait dengan budgeting liburan keluarga.

Untuk mengajak keluarga ke taman hiburan, menjelajah alam, berenang di pantai atau menginap di villa yang cantik di area pegunungan tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Anda perlu merencanakan budget-nya jauh hari agar tidak mengganggu pengeluaran bulanan.

Acara liburan memang menjadi salah satu kebutuhan masyarakat yang bila dilakukan secara teratur bisa berdampak positif untuk kesehatan mental. Namun, persiapan biaya liburan tetap harus dipertimbangkan secara matang untuk mencegah pemborosan dana untuk pos-pos yang tidak penting.

Biaya yang Harus Dipersiapkan Selama Liburan

Ada beberapa pos yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan biaya liburan, antara lain :

  1. Tempat Liburan

Lokasi wisata yang menjadi tujuan sangat menentukan besarnya biaya yang akan dikeluarkan selama liburan. Ajaklah anggota keluarga untuk berunding dalam mengambil keputusan kemana destinasi wisata yang akan menjadi tujuan.

Semakin jauh lokasi wisata yang akan dituju, maka akan semakin banyak pula dana liburan yang harus dipersiapkan. Jika lokasi wisata yang dituju semakin dekat, maka akan semakin banyak pula pos-pos pengeluaran yang bisa dipangkas.

  1. Persiapan Alat Transportasi

Anda perlu menyiapkan biaya transportasi yang akan dikeluarkan untuk kepulangan dan kepergian. Sarana transportasi pilihan juga sangat menentukan besar kecilnya biaya yang harus dikeluarkan untuk pos tersebut.

  1. Hotel atau Penginapan

Salah satu tips yang bisa digunakan untuk menghemat biaya liburan adalah dengan melakukan reservasi jauh-jauh hari. Biasanya pada hari H, hotel atau penginapan di tempat wisata akan penuh.

Sehingga biaya sewa pun akan semakin mahal, maka untuk menyiasatinya Anda bisa melakukan pemesanan hotel setidaknya satu atau dua bulan sebelum liburan.

  1. Biaya Makan

Saat acara liburan, tentu Anda tidak bisa masak sendiri. Jangan lupa untuk memperhitungkan biaya makan dalam sehari, dikali jumlah keluarga dan rencana jumlah hari liburan.

  1. Tiket Sarana Wisata (Jika Ada)

Tiket masuk atau HTM menjadi salah satu pos pengeluaran yang tidak bisa dilupakan. Anda perlu merencanakannya, apabila yang menjadi tujuan adalah taman-taman hiburan atau theme park seperti Dufan.

  1. Biaya Belanja Oleh-oleh atau Souvenir

Oleh-oleh menjadi hal yang tidak bisa dilupakan setiap kali melaksanakan liburan. Anda bisa membaginya pada kerabat atau tetangga yang tinggal di sekitar rumah. Selain itu, anak-anak mungkin juga akan membeli souvenir untuk kenang-kenangan saat mengunjungi destinasi wisata tertentu.

  1. Biaya Lainnya

Selain mempersiapkan berbagai rencana pengeluaran di atas, Anda perlu menyiapkan biaya lainnya yang dicadangkan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan selama perjalanan.

Idealnya Anda perlu menyiapkan sebesar 10 persen dari jumlah biaya yang dicadangkan untuk liburan.

Cara Mempersiapkan Tabungan Dana untuk Liburan

  1. Pilihlah Bank yang Menyediakan fasilitas Tabungan Dana Liburan

Untuk kebutuhan liburan, Anda perlu memisahkan rekening tabungan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Anda juga bisa memilih rekening bank yang menyediakan tabungan dana liburan.

Rata-rata seluruh bank di Indonesia sudah memiliki fasilitas tersebut untuk para nasabahnya. Anda perlu tahu, jika ingin membuka rekening tabungan dana liburan, pilihlah rekening bank di mana kamu memiliki tabungan yang cukup besar.

Pasalnya, rekenin bank jenis ini membutuhkan tabungan induk yang digunakan untuk menarik dana setiap bulan

  1. Menentukan Tujuan Liburan

Anda perlu mendiskusikan bersama keluarga terkait dengan tujuan liburan. Jauh dekat tujuan liburan tidak akan menjadi masalah, jika sudah disepakati keluarga. Sehingga tidak akan terjadi perubahan lagi, setelah rencana liburan dibuat dengan baik.

  1. Tentukan Kapan Waktu Liburan

Ada kaitan erat antara waktu liburan dengan besarnya dana yang harus disediakan. Jika Anda yakin bisa menyediakan dana liburan dalam satu tahun, maka tidak akan menjadi masalah. Namun, jika dirasakan berat, Anda bisa memilih waktu liburan yang lebih fleksibel. Sehingga Anda tidak merasa terbebani dengan rencana liburan keluarga tersebut.

  1. Coba Setoran Bulanan

Angka setoran bulanan bisa Anda dapatkan setelah menghitung seluruh biaya yang akan dikeluarkan dibagi dengan jangka waktu menabung. Setelah itu, dibutuhkan komitmen kuat dari Anda untuk terus membayar setoran hingga waktunya Anda berlibur bersama keluarga.

Bagi blogger atau freelancer tentu perlu diperhatikan dengan benar terkait biaya pengeluaran, karena tidak memiliki gaji bulanan tetap. Dana liburan biaya dianggarkan dari hasil yang diperoleh setiap bulannya.

Sebenarnya bisa menggunakan cara menabung di bank dengan membayarkan setoran setiap bulan. Namun, sekarang ini Anda akan mendapatkan bunga di bank tidak seberapa. Bahkan Anda hanya akan mendapatkan bunga 0 untuk tabungan kurang dari Rp. 50 juta. Sehingga blogger atau freelancer perlu mencari instrumen lain.

Setelah melakukan banyak riset, ada cara mengatur budget liburan bersama keluarga yang lebih efisien, yaitu dengan menggunakan KoinRobo dari KoinWorks. Perkiraan returnnya pun cukup tinggi jika dibandingkan dengan bank atau lembaga keuangan lainnya.

Jika menyisihkan dana sebesar Rp. 500 ribu per bulan, maka Anda bisa mendapatkan return sebesar Rp. 520 ribu di akhir tempo selama 6 bulan, karena estimasi return yang dihasilkan adalah 8% per tahun.

Saya memilih tempo enam bulan karena paling ideal bagi saya untuk mengalokasikan dana liburan enam bulan sebelumnya, untuk destinasi yang masih di dalam negeri namun tetap menyenangkan.

Bagaimana, cukup menarik bukan, dengan merencanakan biaya liburan menggunakan KoinRobo dari KoinWorks. Anda bisa menggunakan layanan KoinWorks hanya dengan melakukan akses di Google Play atau App Store yang tersedia pada handphone. Serta bisa menyesuaikan tenor waktu yang dibutuhkan dari mulai 1,3, 6 sampai 12 bulan ke depan

Jangan lupa, dapatkan penawaran menarik dengan menggunakan kupon saya, ya. Klik kode KLPUTRI saat Anda ingin melakukan investasi atau menyisihkan budget liburan di KoinRobo. Dijamin, banyak manfaat yang Anda dapatkan!

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Air Terjun Jaksa di Kecamatan Cisarua, Kota Bogor, Destinasi…

Lilpjourney.com | Air Terjun Jaksa – Salah satu air terjun yang menarik untuk dikunjungi wisatawan di Kota Bogor adalah Air Terjun Jaksa. Wisata ini...
Lilpjourney
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *