Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Tips Memilih Sunscreen Untuk Kulit Kombinasi

2 min read

tips memilih sunscreen untuk kulit kombinasi

Lilpjourney.com | Beauty Talk Memiliki jenis kulit wajah kombinasi bisa jadi merupakan hal yang sedikit menyulitkan untuk sebagian orang. Bukan karena perawatannya yang harus berhati-hati saja, namun juga sekedar memilih sunscreen bisa jadi merupakan hal yang tidak mudah. Karena mencari sunscreen untuk kulit kombinasi merupakan upaya yang tidak bisa dibilang sederhana.

Ada berbagai hal yang harus diperhatikan jika memiliki jenis kulit seperti ini. Jangan sampai pemakaian sunscreen malah menambah masalah baru pada kulit. Oleh sebab itu sebaiknya pahami lebih dalam karakter kulit yang seperti ini. Termasuk ketahui lebih jelas bagaimana langkah yang tepat saat harus memilih sunscreen untuk kulit kombinasi tersebut. Berikut ini ulasan tentang kulit kombinasi dan tips memilih sunscreen untuk kulit kombinasi yang tepat

Pemahaman Terkait Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi merupakan jenis kulit yang memiliki karakteristik campuran antara kulit berminyak dan kulit kering. Pada umumnya, kulit kombinasi cenderung memiliki area T-zone (dahi, hidung, dan dagu) yang berminyak, sementara area pipi dan sekitarnya cenderung kering. Hal ini membuat perawatan pada jenis kulit kombinasi menjadi sedikit rumit karena perlu memperhatikan kebutuhan kulit yang berbeda-beda.  Termasuk dalam memilih sunscreen untuk kulit kombinasi membutuhkan perhatian khusus.

Terkait hal tersebut, jika memiliki jenis kulit yang satu ini pertama adalah mengenali seperti apa ciri-cirinya. Lebih lanjut, berikut adalah 3 ciri-ciri kulit kombinasi pada umumnya.

  • Area T-zone berminyak: Ciri utama dari kulit kombinasi adalah adanya area T-zone yang cenderung berminyak. Kulit di area dahi, hidung, dan dagu biasanya menghasilkan minyak berlebih, sehingga rentan terhadap jerawat dan komedo.
  • Area pipi kering: Di sisi lain, area pipi dan sekitarnya cenderung kering dan terasa kasar. Kulit pada area ini membutuhkan kelembaban ekstra untuk menjaga keseimbangan kadar airnya.
  • Kombinasi dari dua jenis kulit: Kulit kombinasi merupakan kombinasi dari dua jenis kulit yang berbeda, yaitu kulit berminyak dan kulit kering. Hal ini membuat perawatan kulit kombinasi menjadi lebih kompleks karena perlu memperhatikan kebutuhan kedua jenis kulit tersebut.

Manfaat Sunscreen Pada Kulit Kombinasi

Adapun sunscreen merupakan salah satu produk perawatan kulit yang penting untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, terlebih lagi bagi pemilik kulit kombinasi. Kulit kombinasi memiliki karakteristik campuran antara kulit berminyak dan kering, sehingga pemilihan sunscreen yang tepat sangat penting untuk menjaga keseimbangan kulit.

Tentu saja dalam aplikasinya penggunaan sunscreen akan mampu memberikan banyak manfaat penting. Berikut adalah 3 manfaat sunscreen pada jenis kulit kombinasi.

1. Melindungi kulit dari sinar UV

Sinar UV dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, seperti penuaan dini, hiperpigmentasi, dan bahkan kanker kulit. Dengan menggunakan sunscreen secara rutin, Anda dapat melindungi kulit kombinasi dari efek buruk sinar UV.

2. Mencegah hiperpigmentasi

Kulit kombinasi cenderung rentan terhadap hiperpigmentasi atau bintik hitam akibat paparan sinar matahari. Dengan menggunakan sunscreen, Anda dapat mencegah timbulnya hiperpigmentasi dan menjaga kulit tetap cerah dan merata.

3. Menjaga kelembaban kulit

Sunscreen juga dapat membantu menjaga kelembaban kulit kombinasi, terutama pada area yang cenderung kering. Dengan menggunakan sunscreen yang mengandung bahan pelembab, Anda dapat menjaga kelembaban kulit tanpa membuatnya terasa berminyak.

Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Kombinasi

Tentu saja setelah mengetahui manfaat di atas, banyak yang akan merasa yakin akan penggunaan sunscreen. Supaya tidak salah dalam memilih sunscreen untuk kulit kombinasi, perhatikan tips penting yang diberikan berikut di bawah ini.

1. Pilih sunscreen dengan kandungan SPF yang tinggi

Untuk kulit kombinasi, sebaiknya pilih sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30 untuk memberikan perlindungan optimal dari sinar UV. Selain melindungi maksimal, SPF 30 tentu tidak terlalu berat digunakan pada wajah dengan jenis kulit kombinasi.

2. Pilih sunscreen dengan tekstur ringan

Sunscreen dengan tekstur ringan lebih cocok untuk kulit kombinasi, karena tidak akan membuat kulit terasa berat atau berminyak. Maka dari itu pastikan memilih jenis sunscreen yang seperti ini.

3. Pilih sunscreen yang mengandung bahan non-comedogenic

Hindari sunscreen yang mengandung bahan-bahan komedogenik yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Pilihlah sunscreen yang formulanya aman untuk kulit kombinasi terutama jika sering mengalami masalah jerawat.

sunscreen untuk kulit kombinasiRupanya memang ada cukup banyak hal penting jika berbicara tentang kulit kombinasi dan memilih sunscreen yang tepat. Karena itu sebaiknya perhatikan baik-baik jika ingin memperoleh sunscreen untuk kulit kombinasi yang terbaik. Jangan sampai salah memilih meskipun ada cukup banyak merek yang beredar di pasaran. Agar memperoleh hasil yang terbaik, serahkan pada ahlinya yaitu Dermies Clear Me Acne Smooth Sunscreen.

Gunakan produk ini secara rutin setiap hari jika memiliki jenis kulit kombinasi. Niscaya nantinya kulit akan tetap sehat, terlindung dari bahaya paparan sinar matahari, namun dijamin tidak akan mudah berjerawat maupun mengalami iritasi. Jadi, jangan merasa ragu, yuk gunakan produk yang satu ini!

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *