5 Tips Menjadi Blogger Kredibel ala #BloggerDay2023

Berpenghasilan dan Punya Value

Lilpjourney.com | Menjadi Blogger Kredibel – Kata orang, Jum’at itu berkah. Aku pun mengaamiini hal ini. Salah satunya ketika terpilih menjadi peserta #BloggerDay2023 hari Jum’at, 24 Februari 2023 lalu. Kala Mas Anwari menyampaikan materi Skill Set Up. Rasanya seperti ditampar.

“Kemana perginya Putri yang dulu semangat ngeblog tanpa pandang konten berbayar atau organik?!”

Apa sih yang Mas Anawari sampaikan di #8thBlogercrony hingga aku merasa recharge energi? Sebuah tulisan singkat untuk memotivasi diri sendiri dan para pembaca tulisan ini. Selamat membaca!

5 Tips Menjadi Blogger Kredibel ala #BloggerDay2023

Berpenghasilan dan Punya Value

Lilpjourney.com | Menjadi Blogger Kredibel – Kata orang, Jum’at itu berkah. Aku pun mengaamiini hal ini. Salah satunya ketika terpilih menjadi peserta #BloggerDay2023 hari Jum’at, 24 Februari 2023 lalu. Kala Mas Anwari menyampaikan materi Skill Set Up. Rasanya seperti ditampar.

“Kemana perginya Putri yang dulu semangat ngeblog tanpa pandang konten berbayar atau organik?!”

Apa sih yang Mas Anawari sampaikan di #8thBlogercrony hingga aku merasa recharge energi? Sebuah tulisan singkat untuk memotivasi diri sendiri dan para pembaca tulisan ini. Selamat membaca!

bloggerday 2023

Motivasi Menjadi Blogger

Lima tahun lalu aku serius menekuni dunia blog. Saat di mana aku terbebas hubungan toxic dan bisa jalan-jalan kemanapun dengan bebas. Kemudian muncullah blog lilpjourney.com, dengan motivasi menyebarkan kabar baik tentang pariwisata di Indonesia.

Satu tahun menikmati domain gratis, akhirnya aku mantap memutuskan beli domain berbayar pada Mei 2019. Apakah sampai situ? Tentu saja tidak. Selanjutnya aku migrasi blog, dari platform Blogspot ke WordPress. Dilanjut dengan mengikuti berbagai kelas blogger, dari kelas story telling, hingga kelas SEO. Tujuannya satu, untuk menambah value sebagai blogger. Karena SEO dan story telling adalah skill set yang harus dimiliki oleh blogger.

Periode 2019-2021 adalah masa yang sangat menyenangkan dan semangat menulis blog. Kemudian aku terbuai. Terbuai dengan banyaknya job review dan content placement yang masuk ke blog lilpjourney.com ini. Hingga aku lupa menulis artikel organik. Padahal semua job review itu datang berkat kegigihanku menulis artikel organik.

Kemudian salah seorang temanku memberikan nasihat : sadar nggak perlahan orientasi menulis mu telah berubah, dari yang sekadar suka menulis, menjadi mencari uang?

Ah benar juga. Padahal seorang blogger sejatinya bisa menjadi salah satu pilar dalam dunia literasi digital. Menjadi blogger yang mempunyai kredibilitas dan etika profesional.

logo bloggercrony indonesia

 

Bloggercrony Indonesia, Antara Networking dan Melatih Kemampuan Komunikasi

Tergabung menjadi anggota sebuah komunitas memang mempunyai banyak manfaat. Apalagi saat hilang arah dan semangat seperti aku saat ini. Bergabung dalam komunitas dapat menyuntikkan semangat baru.

Salah satu komunitas yang sudah aku ikuti sejak tahun 2019 adalah Bloggercrony Indonesia atau Bloggercrony Community (BCC). Komunitas Bloggercrony memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinya, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/konten yang informatif, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan profesional.

Apalagi kegiatan yang dijalankan di komunitas Bloggercrony sangat beragam dan rutin dilaksanakan. Seperti:

1# BloggerHangout yang merupakan workshop Bloggercrony untuk memfasilitasi para BCC Squad (sebutan untuk member Bloggercrony) upgrade ilmu

2# W60, kegiatan untuk saling silaturrahmi ke akun Instagram para BCC Squad

3# BWTuesday sebagai sarana untuk saling support tulisan blog BCC Squad

4# Blogger Care sebagai bentuk kepedulian blogger membantu sesama

5# Blogger Preneur untuk mewadahi dan support blogger yang mempunyai usaha

6# BloggerDay acara tahunan perayaan anniversary Bloggercrony Community

Saat ini Bloggercrony mempunyai 450-800 member aktif yang tersebar diseluruh Indonesia, dari Aceh hingga Papua. Maka tidak salah rasanya jika aku menyebut, bergabung dengan komunitas Bloggercrony sama dengan memperluas networking profesional dan melatih kemampuan berkomunikasi. Di  mana aku berkenalan dan ngobrol dengan BCC Squad dari seluruh pelosok negeri.

Menjadi Blogger Kredibel dengan Skill Set Up Bareng #BloggerDay2023

skill set up bloggerday

Setelah memutuskan resign dari kantor, ada banyak teman yang sanksi dengan keputusanku ini. Apakah aku yakin mau jadi ibu rumah tangga (IRT)? Padahal, aku sudah menjelaskan bahwa menjadi ibu rumah tangga tak serta merta mutus rantai pekerjaan. Ibu rumah tangga itu punya banyak job desk di rumah, tapi juga masih bisa mempunyai value dan penghasilan.

Kemajuan teknologi telah membawa dampak besar pada kehidupan. Salah satunya dibidang pekerjaan. Zaman dulu mungkin belum ada pekerjaan data analyst atau social media specialist. Bahkan dilingkunganku masih banyak orang yang belum tau profesi blogger. Mereka masih sering mempertanyakan ‘masa iya nulis bisa dapat uang?’. Atau ada juga yang bertanya seperti ini:

Cara jadi blogger itu gimana Put?

Tentu saja, cara menjadi blogger itu sebenarnya sangat sederhana. Tinggal membuat blog dan menulis. Sederhana bukan? Tapi bagaimana cara menjadi blogger yang kredibel? Yang punya value sekaligus berpenghasilan.

Berbicara tentang value dan penghasilan, sebenarnya tidak bisa lepas dari peran komunitas. Komunitas Bloggercrony Indonesia yang sudah 8 tahun menaungi para blogger Indonesia, juga mempunyai peran dalam kemajuan literasi di Indonesia. Berbagai program yang mereka adakan secara rutin seperti Blogger Hangout dan BloggerDay turut menambah skill set para blogger.

Maka tak salah jika tema BloggerDay 2023 kali ini adalah Skill Set Up. Yap! Tahun ini BCC menggelar pagelaran akbarnya. BloggerDay 2023, sebagai annual event dari ulang tahunnya ke 8. Setelah dua tahun rehat dari aktivitas offline, BloggerDay diadakan dengan konsep Hybird Funcamp. Online dan offline.

Kemeriahan BloggerDay 2023

100 peserta terpilih BloggerDay2023 BCCDimulai dengan Kick Off secara online pada hari Jum’at, 24 Februari 2023 berlokasi di Rumah Internet Sehat (RISET) Tebet. Kemudian Hybrid Fun Camp ini dilanjutkan dengan camping di Puncak Halimun Camp, Pancawati, Bogor pada tanggal 4-5 Maret 2023. Diikuti oleh 100 peserta terpilih, acara ini berlangsung seru. Dan tentu saja, aku hanya bisa mengikuti secara daring. Mungkin nanti kalau ada rezeki dan Gendis sudah besar, aku pengen ikut acaranya secara offline. Jadi, panjang umur ya BCC.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, event BloggerDay selalu meriah. Ikut BloggerDay itu seperti belajar sekaligus bermain. Belajar lewat materi yang disampaikan oleh pemateri dan special guest, serta bermain lewat mini game yang diadakan di tengah-tengah acara.

Dipandu oleh Kak Putri Zhea, acara BloggerDay ini berlangsung meriah. Apalagi pesertanya 100 Blogger Indonesia dari berbagai daerah. Walaupun ada banyak wajah blogger yang sudah aku kenal, tapi masih banyak juga yang belum aku kenal.
Makanya, aku selalu happy bisa ikut acara BloggerDay. Karena bisa ketemu dengan banyak teman yang satu passion.

kak uwan dan kak tanti
Acara BloggerDay 2023 ini juga semakin berkesan dengan dua special guest! Blogger yang punya banyak talenta. Kak Tanti Amelia dan Kak Uwan! Dua orang blogger yang tergabung dalam Blogger Preneur.

Kak Tanti Amelia adalah seorang blogger yang juga jago dalam dunia seni doodle art dan kaligrafi. Sementara Kak Uwan, mempunyai talenta membuat ilustrasi dan menyanyi. Penasaran dengan karya mereka? Yuk kunjungi Instagram mereka @uwanurwan dan @nengtantiamelia.
Sebagai lulusan multimedia, jujur aku iri dengan tangan Kak Tanti dan Kak Uwan. Kok bisa mereka luwes menggambar? Sedangkan aku, untuk urusan menggambar masih nyolek suami. Tentu saja, baik Kak Tanti atau Kak Uwan membutuhkan konsistensi dan rajin mengasah kemampuan hingga bisa menghasilkan karya seperti sekarang.

Most Blogger Award 2023

Selain 2 special guest di atas, ada pengumuman yang paling ditunggu oleh para blogger. Most Blogger Award 2023! Tahun ini penghargaan ini jatuh pada Kak Helena Safitri. Selamat Kak Helena!

“Salah satu yang saya tunggu saat BloggerDay adalah pengumuman Most Blogger Award 2023. Kapan aku dipanggil? Ya iyalah saya kan jarang nulis, nulisnya pas ada kerjaan. Jadi harus rajin nulis blog dan dibagikan ke FB Bloggercrony,” tutur Kak Helena.

Kak Sato atau biasa disapa Paklur, selaku founder dan pengurus juga memberikan tambahan penjelasan agar menang Most Blogger Award 2023, yaitu rajin nulis, sharing ke FB Group Bloggercrony, ikut BW Tuesday, dan aktif mengikuti event yang diakan Komunitas Bloggercrony Indonesia.

Yuk bisa yuk, Putri tahun depan jadi Most Blogger Award 2023. Semangat!

Menjadi Blogger Kredibel dan Paham Kode Etik dengan Skill Set Up

skill set up kak wawa dan kak anwariMenjadi blogger itu tidak hanya harus piawai menulis. Namun juga harus bisa membuat ilustrasi, infografis, foto yang menarik, dan video sebagai penunjang tulisan. Maka tak salah jika kadang aku panas dingin kala mendengar : blogger kan cuma nulis. Ya Allah, dikira di dalam artikel itu cuma ada bait-bait tulisan. Padahal agar artikel menarik minat pembaca, harus ada ilustrasi gambar, foto, dan tak jarang ada video.

Mungkin itu lah skill set seorang blogger. Kumpulan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menghasilkan sebuah karya.

Sebagai komunitas yang sudah tumbuh selama 8 tahun lamanya, BCC tak lantas lupa akan misinya, sebagai fasilitator untuk blogger dalam menghasilkan konten blog berkualitas dan memberikan manfaat luas. Apalagi saat ini blogger tengah digempur dengan kedatangan teknologi AI, ChatGPT. Sebuah robot teks yang bisa membuat aneka tulisan dalam waktu singkat. Tapi, namanya juga kecerdasan buatan. Tentu masih ada celah dan kekurangannya. Lantas bagaimana menyiasati hal ini. Skill Set Up.

Apakah robot teks tersebut mempunyai perasaan? Tentu saja tidak. Oleh sebab itu, artikel yang baik seharusnya dihasilkan dari 3 pilar kreatifitas : knowledge (pengetahuan), skill (keterampilan), and attitude (sikap). Hal inilah yang disampaikan oleh Kak Wawa selaku founder Bloggercrony Indonesia yang kemudian dipaparkan oleh Kak Anwari.

“Di dalam dunia kepenulisan ada yang namanya penulisan kreatif yang harus ditopang dengan sikap kreatif (creative attitude),” tutur Kak Anwari.

5 Tips Menjadi Blogger Kredibel

tips menjadi blogger kredibel

Menjadi blogger memang tidak sesederhana yang dibayangkan oleh banyak orang. Apalagi blogger punya peran dan tanggungjawab penting dalam kemajuan literasi digital. Di mana tulisan yang dihasilkan selain harus menarik, tapi juga punya bobot dan sesuai dengan fakta. Itulah sebabnya, pada moment kick off 8 Tahun Bloggercrony Community, Kak Anwari menekankan pentingnya menjadi blogger profesional yang mempunyai tidak hanya punya kreatifitas, tapi attitude.

Berikut ini 5 tips menjadi blogger kredibel, berpenghasilan dan punya value.

1# Menentukan Tujuan

Andai aku tak ingat tujuan awalku membuat blog, mungkin saat ini aku akan terbuai dengan rasa malas yang disebabkan oleh kejenuhan menulis. Tapi karena sejak awal aku punya tujuan yang jelas ‘menyebarkan kabar baik tentang pariwisata Indonesia’, jadi saat rasa jenuh itu melanda aku punya tempat pulang. Tujuanku menulis blog.

Jadi sebelum kalian membuat blog, ada baiknya kalian menentukan tujuan awal kalian ngeblog itu apa sih? Apakah untuk mendapatkan penghasial? Atau untuk menyebarkan informasi positif agar dibaca oleh banyak orang?

Menulis adalah bekerja untuk keabadian – Pramoedya Ananta Toer

2# Tetap Produktif dan Tingkatkan Skill

Artikel adalah produk utama dari sebuh blog. Bagaimana agar artikel kita menarik dan dibaca oleh khalayak banyak? Yaitu dengan meningkatkan skill menulis. Ada banyak kelas menulis yang bisa kita ikuti. Apalagi kalau kita tergabung dengan komunitas seperti BCC. Kelas Skill Set Up bisa kita ikuti dengan gratis saat Blogger Hangout.

Agar ilmu yang kita punya tak menguap dan selalu terasah, maka kita harus selalu produktif memproduksi karya. Kalau lagi nggak ada job review, ya sibukkan diri dengan menulis organik. Kalau sedang banyak job review, ya sempatkan menulis artikel organik sekalipun hanya artikel curhat sibuknya menjadi ibu rumah tangga anak 1. Hahaha. Kalimat ini sebenarnya nasihat untuk diriku sendiri sih. Hehehe.

3# Mengatur Waktu dengan Bijak

Aku sering sekali bertanya ke salah satu teman bloggerku yang sering menang lomba blog, aktif di komunitas, punya peternakan blog pula. Bagaimana sih caranya Mba Jihan membagi waktu? Dia seperti nggak punya rasa lelah. Waktunya seperti leih dari 24 jam. Apa dia nggak tidur?

Tentu saja, Mba Jihan makan dan tidur seperti manusia normal lainnya. Bedanya, Mba Jihan punya time management yang baik. Aku pun jadi terpacu untuk mengatur waktu dengan bijak. Kalau kata Ustad Adi Hidayat saat kita bangun tidur dan sholat subuh, kita harus punya plan hari ini mau ngapain, menjadi manusia dengan tujuan menggunakan watunya dengan jelas dan bermanfaat.

4# Bisa Berkomunikasi dengan Baik

Menjadi seorang blogger juga artinya bisa berkomunikasi yang baik. Baik komunikasi lewat tulisan, membalas komentar artikel blog, interaksi di grup blogger atau dunia maya, dan komunikasi langsung (offline). Karena ada banyak blogger yang sukses berkat kemampuan komunikasinya yang baik. Komunikas yang baik tak hanya sekedar berbahasa formal, tapi juga termasuk mengatur emosi, dan sopan. Lagi-lagi attitude membawa peran penting dalam membangun kredibilitas blogger.

5# Bangun Jaringan yang Luas

Kita bisa membuat artikel sendiri. Namun untuk mengembangkan blog, diperlukan jaringan yang luas. Ada banyak manfaat saat kita membangun buat networking. Seperti mudahnya mendapatkan promosi, peluang kerjasama, kemudahan mendapat informasi, dan saat kita punya masalah kita bisa lempar pertanyaan di kolom chat WhatsApp grup : teman, blogku tiba-tiba ada masalah seperti ini, adakah yang tau bagaimana mengatasinya?

Tak jarang pertanyaan tersebut datang obrolan WhatsApp. Tentu saja, biasanya ada teman yang akan memberikan bantuan.

Penutup

Lima tahun serius di dunia blog telah mendatangkan banyak manfaat. Salah satu yang aku rasakan adalah blog menjadi media personal branding yang baik. Apalagi kala kita sudah dipercaya untuk menjalin kerjasama dengan berbagai klien, baik perusahaan besar ataupun UMKM. Sudah menjadi sebuah portofolio yang baik.

Untuk itu, kita perlu selalu belajar mengasah skill yang kita miliki. Apalagi semakin hari, teknologi semakin maju. Harusnya kita tidak hanya sebagai penikmat dari kemajuan itu, tapi juga memanfaatkannya untuk membuat karya yang lebih baik.

Wah padahal niatnya hanya curhat singkat serunya Skill Set Up bareng Bloggercrony Indonesia. Empat tahun bergabung menjadi BCC Squad, tentu mempunyai makna yang dalam untuk aku. Terimakasih Bloggercrony Indonesia telah memfasilitasi para blogger menambah ilmu, membangun networking, dan memberikan peluang kerjasama dengan brand-brand besar. Semoga panjang umur dan terus berinovasi.

Oh iya, hybrid event BloggerDay 2023 kemarin keren banget! Makin kece bikin acara online. Bagi teman-teman yang ingin tau aktivitas Bloggercrony Community bisa mengunjungi dan follow social media mereka Instagram/Twitter @bloggercrony.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *