Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Mengenal InvestasiKu, Aplikasi Finansial Aman untuk Pemula

3 min read

Aplikasi InvestasiKu

Lilpjourney.com | Finansial – Akhir-akhir ini kita sedang dihebohkan dengan kasus investasi ilegal. Sebagai orang awam yang ingin menjajal berinvestasi, tentu maraknya kasus tersebut memunculkan ke khawatiran. Untung saja dunia digital semakin berkembang. Jadi kita bisa mencari dan belajar invetasi yang aman dan nyaman untuk pemula itu sepertiu apa. Salah satu aplikasi yang aman dan mudah dipelajari untuk pemula adalah aplikasi InvestasiKu.

Ingin Pensiun Dini

Aplikasi InvestasiKuSejak sebelum menikah, aku sudah berencana pensiun dini dari rutinitas “8am to 5pm”. Rasanya tujuh tahun menjalani pekerjaan yang tidak sesuai passion malah membuat aku semakin mati gaya. Dalam artian, aku tidak bisa mengembangkan hobi dan ilmu yang aku punya. Contohnya ilmu desain grafis. Walaupun sesekali terpakai di kantor, tapi dihargai “terimakasih”.

Setelah menikah, keinginan untuk pensiun dini semakin mencuat. Suamiku adalah seorang desain grafis di salah satu perusahaan event organizer. Sesekali aku suka menemani dia bekerja. Menikmati bagaimana tangannya membentuk garis hingga menjadi sebauh objek entah 2D atau 3D. Semakin lama skill dia semakin berkembang. Yang dulunya perlu satu hari untuk membuat virtual studio, sekarang dalam hitungan jam sudah selesai.

Dia pula yang mendorong aku untuk pensiun dini dari rutinitas kantoran dan mendalami pembuatan website dan menekuni dunia menulis. Itu pun setelah dia melihat seberapa banyak berkas yang harus aku input setiap hari. Dia semakin tidak bisa membayangkan betapa stresnya aku nanti saat harus bekerja sekaligus menjadi ibu.

Tapi lagi-lagi yang membuat aku ragu adalah saat ini kami belum mempunyai investasi, selain rumah dan kendaraan bermotor. Kemudian salah satu temanku yang berprofesi sebagai arsitek memperlihatkan bagaimana dia memutar uang dengan cara investasi saham. Sayangnya dia masih belum ingin berbagi.

Pelan-pelan aku pun mencoba belajar tentang investasi yang legal, terpercaya, dan tentunya sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Aku pun terpikat dengan aplikasi InvestasiKu dari Mega Capital Sekuritas.

Berinvestasi yang Aman dan Nyaman

Sebelum lebih jauh membahas tentang aplikasi InvestasiKu, terlebih dahulu kita harus tahu beberapa hal di bawah ini agar investasi kita langgeng :

  1. Hindari berhutang untuk  investasi. Teman-teman mungkin ada yang tergiur untuk melakukan investasi dengan jalan pintas. Melakukan pinjaman a.ka. hutang untuk modal misalnya. Perlu teman-teman ketahui bahwa cara ini tidak dianjurkan dan tidak aman. Saat kita melakukan pinjaman tentu kita harus melakukan pembayaran rutin, uang pokok dan bunga. Melakukan pinjaman untuk invetasi perlu perhitungan matang, terlebih jika kalian melakukan investasi dengan risiko tinggi seperti saham.
  2. Jangan menggunakan uang dapur. Jangan deh sesekali kalian menggunakan uang dapur yang kalian anggarkan untuk kebutuhan rutin setiap hari. Apalagi sudah berkeluarga. Wah bisa-bisa pasangan kalian akan protes kemana perginya uang belanja bulanan.

Jika kalian benar-benar ingin mencoba investasi, maka terlebih dahulu coba cek ‘uang dingin’ yang kalian miliki. Uang yang kira-kira tidak terpakai dalam jangka waktu 3-5 tahun misalnya. Hal ini juga akan memudahkan kalian dalam memilih produk investasi. Contohnya jika uang itu tidak terpakai dalam jangka waktu lama seperti 10 tahun, maka kalian bisa mencoba jenis instrumen investasi reksa dana, saham, properti , emas, obligasi, dan investasi program pensiun. Tapi jika tujuan kalian jangka pendek, maka lebih cocok dimasukkan ke rekening deposito.

Belajar Investasi di Aplikasi InvestasiKu

Aku udah 35 tahun, apakah sudah terlambat untuk melakukan invetsasi pertama?

Tidak ada kata terlambat untuk melakukan invetasi. Yang terpenting adalah kemauan kita untuk belajar dan mempunyai tujuan yang jelas dimasa depan. Seringkali keputusan untuk melakukan investasi tertunda karena beberapa hal, seperti :

  • Bagaimana cara memilih investasi yang tepat?
  • Bagaimana kalau kita membutuhkan uang sebelum tanggal yang ditargetkan?
  • Bagaimanakah cara memastikan risiko dari investasi yang kita ambil? 
  • Lantas bagaimana dengan pajaknya?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, kita membutukan sebuah tempat invetasi yang tidak hanya menawarkan produk finansial tapi juga sekaligus memberikan ilmu. Dan kedua hal ini aku dapatkan di InvestasiKu.

InvestasiKu adalah aplikasi finansial yang dikembangkan dan dikelola oleh PT Mega Capital Sekuritas. Aplikasi ini dikembangkan dengan misi membuka akses yang lebih luas untuk masyarakat, terhadap produk keuangan dengan lebih mudah, aman, dan terjangkau.

Aplikasi keuangan InvestasiKu sudah mempunyai izin usaha yang legal dan diawasi oleh OJK. Jadi kita bisa melakukan transaksi saham, reksa dana, dan obligasi dengan aman dan nyaman. Selain itu PT Mega Capital Sekuritas sebagai broker saham juga sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Syarat Daftar Aplikasi InvestasiKu

Pertama-tama tentunya kalian harus mempunyai smart phone untuk mengunduh aplikasi keuangan InvestasiKu, baik dengan sistem operasi iOS atau Android. Kemudian pastikan kalian sudah berusia 17 tahun keatas dan mempunyai e-KTP. Siapkan juga email dan tabungan aktif, serta NPWP. Jika kalian mendaftar di luar jam kerja, maka proses registrasi akan diproses saat jam kerja ya.

Oh iya yang membuat aku kesengsem dengan aplikasi ini adalah kita tidak perlu setoran awal jadi bebas investasi mulai berapa saja. Sangat cocok untuk pemula yang ingin belajar investasi. Setiap transaksi online akan dikenakan fee 0.15% untuk pembelian dan 0,25% untuk penjualan (sudah termasuk biaya broker, biaya levy (BEI, KPEI, KSEI) 0,043%, PPN biaya broker 10%, dan PPh final untuk transaksi jual 0.1%)

Senyaman Apa Melakukan Investasi di InvestasiKu?

Sebagai seorang investor ada dua bekal wajib yang harus kita punya saat akan berinvestasi. Pertama tentu saja uang dingin dan ilmu. Ilmu sangat penting dalam melakukan investasi. Dengan adanya ilmu tentang finansial dan investasi, kita bisa meningkatkan peluang untuk mendapatkan keuntungan dan profil risiko.

Pada InvestasiKu, kalian bisa mendapatkan edukasi seputar investasi. Baik artikel, podcas, ataupun video.

Terdapat menu “market” pada InvestasiKu. Di menu ini kita dapat melihat real-time pergerakan saham, mulai dari top saham, saham paling aktif hingga saham yang sedang rugi.

InvestasiKu juga terhubung dengan seluruh aplikasi dalam group perusahaan CT Corpora loh. Kalian bisa nikmati pengalaman melakukan investasi dengan berbagai keunggulan dari ekosistem CT Corpora :

Membership

Dengan mempunyai membership, kita bisa mendapatkan berbagai macam benefit dan peluang untuk berkolaborasi dengan ekosistem CT Corp.

Point

Setiap transaksi di Investasiku akan mendapatkan poin yang bisa kita gunakan gunakan di seluruh merchant CT-Corpora.

Coupon

Kita bisa menukarkan setiap kupon yang kita miliki dari aplikasi Investasiku di seluruh merchant CT-Corpora.

Penutup

Belajar invetasi adalah hal yang penting saat ini. Terlebih saat inflasi terus terjadi. Jangan sampai pendapatan kita tergerus oleh inflasi. Tak ada kata terlambat untuk investasi.

Jika kalian masih pemula dan ingin melakukan investasi, InvetasiKu adalah pilihan aplikasi yang tepat. Selain bisa investasi berapa pun, kita juga bisa mendapatkan ilmu seputar investasi dari aplikasi ini. Tentu saja ini ilmu yang berkualitas dan bukan abal-abal yang menggiring kita pada investasi ilegal.

PS
Peluk dari jauh

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

One Reply to “Mengenal InvestasiKu, Aplikasi Finansial Aman untuk Pemula”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *