Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Ingin Berobat ke Luar Negeri? Simak 5 Hal Penting Berikut!

2 min read

Biaya transfer uang ke luar negeri

Saat ini transfer uang ke luar negeri semakin mudah untuk dilakukan. Anda bisa memenuhi berbagai jenis kebutuhan yang memang memerlukan proses transfer uang ke negara lain. Termasuk bagi Anda yang anggota keluarganya sedang menjalani pengobatan di luar negeri. 

berobat ke luar negeriPada beberapa jenis kasus tertentu, pengobatan di luar negeri memang dijadikan solusi efektif. Kemajuan teknologi pengobatan di negara lain mungkin bisa membantu seseorang untuk mendapatkan perawatan terbaik. Jika saat ini Anda juga tengah memiliki rencana untuk membawa anggota keluarga berobat ke luar negeri, informasi berikut ini pasti akan sangat bermanfaat. 

Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Berobat ke Luar Negeri

Tentu saja ada banyak hal yang harus dipersiapkan jika memang ingin menjalani pengobatan di luar negeri. Meskipun bukan Anda sendiri yang berobat, namun sebagai keluarga Anda juga memiliki tanggung jawab dalam proses persiapan tersebut. Berikut adalah 5 hal penting yang seharusnya diperhatikan jika ingin membawa anggota keluarga berobat ke luar negeri:

1# Negara Tujuan

Pertama-tama tentu saja Anda harus memperhatikan negara tujuan terlebih dahulu. Pilihlah negara yang tepat dengan fasilitas medis yang memenuhi kebutuhan pasien. Tentunya pilihan negara ini sangat dipengaruhi oleh kondisi kesehatan pasien itu sendiri. Masalah kesehatan apa yang dialami lalu negara mana yang fasilitas medisnya memadai untuk kondisi tersebut. 

Dalam hal ini biasanya pasien akan mendapatkan rujukan atau rekomendasi dari dokter yang menangani di Indonesia. Jadi sudah ada rekomendasi negara mana yang akan dituju sehingga tidak perlu lagi mencari informasi secara mandiri. Namun, tidak ada salahnya Anda juga mencari second opinion dan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya agar tidak salah ambil keputusan. 

2# Rumah Sakit Tempat Berobat

Pastikan untuk memperhatikan rumah sakit yang akan dipakai sebagai tempat berobat. Tentu saja Anda harus memilih rumah sakit yang fasilitasnya sesuai dengan kondisi kesehatan pasien. Anda juga harus mencari informasi sebanyak mungkin mengenai spesialisasi rumah sakit yang akan dijadikan tujuan. 

Saat ini setiap rumah sakit biasanya memiliki bidang spesialisasi yang berbeda-beda. Misalnya rumah sakit A memiliki fasilitas lengkap untuk penanganan penyakit kanker, sementara rumah sakit B punya spesialisasi di penyakit metabolik. Hal seperti ini sebaiknya diperhatikan lagi sehingga Anda bisa mengirim pasien ke rumah sakit yang tepat demi mendapatkan perawatan terbaik. 

3# Pendamping selama Berobat

Selanjutnya Anda perlu memperhatikan siapa pendamping yang akan ikut pasien untuk berobat. Tentu saja harus ada orang yang mendampingi pasien selama berobat di luar negeri. Namun di sisi lain dibutuhkan juga anggota keluarga yang tetap tinggal di Indonesia sehingga jika ada masalah yang harus diselesaikan di dalam negeri tidak perlu repot.

Pendamping yang menemani pasien berobat sebaiknya juga memiliki kemampuan yang memadai. Lebih bagus lagi jika pendamping tersebut paham betul kondisi kesehatan pasien. Pastikan juga pendamping yang menemani pasien sudah menguasai bahasa asing sehingga komunikasi dengan tenaga medis lebih mudah untuk dilakukan. 

biaya berobat ke luar negeri

4# Layanan Asuransi yang Bisa Dipakai

Tentu asuransi kesehatan sangat dibutuhkan dalam kondisi seperti ini. Pastikan pasien memiliki asuransi kesehatan yang bisa memenuhi kebutuhan pengobatan di luar negeri. Memang hal semacam ini sebaiknya dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum terjadi gangguan kesehatan. Namun tidak ada salahnya untuk mengusahakan yang terbaik agar ada keringanan biaya selama pengobatan dilakukan. 

Jika memang tidak ada asuransi kesehatan apapun yang bisa digunakan untuk cover biaya berobat di luar negeri, maka Anda harus membuat rencana finansial. Pastikan ada uang pribadi yang bisa digunakan untuk membayar biaya berobat.

5# Kebutuhan Biaya

Lanjut dari poin sebelumnya, kebutuhan biaya memang jadi hal penting untuk diperhatikan jika ingin berobat ke luar negeri. Apalagi jika Anda tidak punya asuransi kesehatan yang bisa dipakai di rumah sakit negara lain. Namun penting untuk diketahui bahwa biaya yang harus dipersiapkan tidak hanya biaya berobat tetapi juga biaya hidup selama di sana. 

Jika Anda berada di Indonesia dan menjadi anggota keluarga yang melakukan backing, maka penting sekali untuk merencanakan transfer uang ke pasien dan pendamping. Di zaman sekarang ini transfer dana menuju negara lain memang semakin mudah. Namun Anda harus memilih layanan yang tepat dan pastikan biaya transfer uang ke luar negeri tidak memberatkan. 

Kirim Uang ke Luar Negeri Pakai digibank by DBS

Kini akses untuk mengirim uang ke luar negeri memang semakin mudah untuk dijangkau. Jika Anda perlu melakukan transfer untuk membiayai anggota keluarga yang berobat di luar negeri, maka Anda bisa menggunakan layanan remittance dari Aplikasi digibank by DBS. Berikut beberapa kelebihan yang bisa Anda nikmati melalui layanan ini:

  • Kirim uang lebih mudah dan bisa dilakukan 24/7.
  • Bebas biaya transfer dana untuk beberapa jenis mata uang.
  • Memiliki penawaran FX rate yang kompetitif.
  • Sampai di hari yang sama

Kemudahan transfer uang ke luar negeri memakai layanan remittance dari Aplikasi digibank by DBS ini akan menjadi solusi bagi Anda yang anggota keluarganya berobat di luar negeri. Pemenuhan kebutuhan biaya berobat bisa lebih mudah dan efisien berkat adanya layanan transfer tersebut. Dijamin aman dan cara pemakaiannya pun sangat praktis. 

Anda bisa melakukan transfer uang ke luar negeri kapan saja sesuai kebutuhan. Apalagi jika ada kebutuhan biaya mendesak berkaitan dengan proses pengobatan tersebut. Langsung saja klik di sini untuk mengakses informasi lebih lengkap mengenai layanan tersebut. 

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *