Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

10 Inspirasi Teras Rumah, Tingkatkan Estetika Hunian!

3 min read

Inspirasi teras rumah

Lilpjourney.com | Inspirasi Teras Rumah – Waterproofing semen penting digunakan pada konstruksi rumah, termasuk teras rumah yang sering terkena perubahan cuaca. Teras sendiri adalah salah satu area penting karena menjadi bagian paling luar yang sangat mempengaruhi estetika rumah. 

Teras juga sering digunakan untuk berbagai hal, mulai dari sebagai tempat bersantai sampai tempat bermain. Area rumah pertama yang dilihat oleh tamu bahkan adalah teras. Supaya teras rumah menjadi lebih menarik, Anda bisa menerapkan berbagai desain atau tema.

4 Manfaat Teras Rumah 

Sebelumnya, Anda perlu mengetahui apa saja manfaat adanya teras rumah untuk membantu menentukan tema atau desain teras rumah yang estetik dan fungsional.

  • Tempat Bersantai

Teras rumah yang luas biasanya digunakan sebagai tempat bersantai, seperti sekedar menikmati kopi, membaca buku, atau tempat bercengkrama dengan keluarga. Penghuni rumah juga biasanya meletakkan meja dan kursi di teras untuk menikmati udara segar.

  • Tempat Bermain

Selain sebagai tempat bersantai, teras rumah juga kerap dimanfaatkan sebagai tempat bermain anak. Ketika dijadikan sebagai tempat bermain, biasanya teras akan dipenuhi dengan permainan anak. 

  • Alternatif  Ruang Tamu

Berikutnya, teras rumah juga sering difungsikan sebagai ruang tamu dengan meletakkan meja dan sofa. Menggunakan teras sebagai ruang tamu kerap dilakukan oleh pemilik rumah yang tidak memiliki banyak ruang di rumah. 

  • Komplemen Eksterior Fasad Rumah

Terakhir, teras rumah juga kerap ditata sedemikian rupa sebagai komplemen fasad atau tampilan depan rumah. Pemilik rumah kerap mengkombinasikan warna cat dinding dan aksesoris sehingga fasad rumah terlihat lebih estetik dan hidup.

10 Inspirasi Teras Rumah Modern

Teras rumah modernBerikut adalah beberapa inspirasi ide desain teras rumah modern yang bisa Anda jadikan referensi, pilih yang paling cocok!

  • Taman Kering sebagai Penghias

Pertama, Anda bisa mencoba desain teras dengan hiasan berupa taman kering. Taman kering menjadi solusi tepat bagi Anda yang menginginkan tampilan teras yang hijau dan asri namun tidak memiliki waktu banyak untuk merawat tanaman.

Anda bisa meletakkan tanaman hijau di dalam pot lalu tambahkan kerikil atau batuan di sekitar pot tanaman. Hasilnya, teras terlihat cantik dan Anda tidak perlu melakukan perawatan setiap saat.

  • Menempatkan Kolam Ikan Hias

Membuat kolam ikan hias di depan teras menjadi ide yang sudah banyak sekali diterapkan oleh pemilik rumah. Ikan hias seperti koi memang memiliki warna dan motif yang cantik, sehingga tak heran jika banyak yang memeliharanya sebagai hiasan rumah.

Memelihara ikan hias seperti koi tidak hanya membuat hunian Anda terlihat menyegarkan, namun juga bisa membantu mengurangi stres pemilik rumahnya. Anda bisa memilih bentuk kolam yang sesuai dengan selera Anda.

Anda perlu memberikan lapisan pelindung ekstra pada struktur beton kolam menggunakan semen anti bocor berbasis waterproof untuk mencegah kebocoran.

  • Menghiasi dengan Batu Alam

Apakah Anda pecinta hunian dengan tema natural? Maka, Anda bisa tambahkan batu alam sebagai hiasan pada beberapa area di teras seperti area lantai. Jika Anda meletakkan batu alam di area lantai, jangan lupa juga untuk membuat alas kaki seperti papan kayu.

Teras dengan batu alam memerlukan waterproofing. Kegunaan waterproofing semen adalah untuk mencegah area teras dari kerusakan atau kebocoran karena perubahan cuaca.

  • Menerapkan Nuansa Monokrom

Bagi Anda yang menyukai desain dengan gaya modern dan simpel, maka Anda bisa menghias teras dengan mengombinasikan furnitur berwarna hitam dan lantai berwarna putih atau krem. 

Meski outdoor, penggunaan warna monokrom akan menghasilkan teras dengan nuansa modern. Salah satu merek waterproofing semen terbaik untuk teras outdoor adalah SikaTop®-107 Seal ID.

Kelebihan SikaTop®-107 Seal ID yaitu Campuran sudah tertakar, mudah dicampur, Mudah digunakan, konsistensi dapat disesuaikan untuk aplikasi menggunakan kuas atau trowel, daya rekat sangat baik pada substrat yang keras, kedap air, ketahanan yang baik terhadap abrasi dan pengikisan, tidak retak atau susut jika digunakan sesuai petunjuk, tidak korosif, tidak mudah terbakar, tidak beracun, agak fleksibel.

  • Menggunakan Konsep Vintage

Bagi Anda yang menyukai dekorasi vintage dan menginginkan teras dengan nuansa hangat maka Anda bisa menggunakan cat dinding berwarna natural seperti krem, cokelat, ataupun putih.

Kemudian beri dekorasi dengan barang-barang antik atau terbuat dari kayu seperti pot tanaman kayu, kursi rotan, dan sejenisnya. 

  • Teras ala Lesehan

Bagi Anda yang ingin membuat teras sebagai tempat bersantai atau tempat bermain, maka teras ala lesehan bisa menjadi pilihan. Anda bisa menggunakan alas kayu dan karpet sebagai tempat duduk.

Kemudian, tambahkan aksesoris seperti meja mini, bantal, dan kursi mini untuk melengkapi dekorasi teras. 

  • Menggunakan Rumput Sintetis

Berikutnya, Anda bisa memanfaatkan rumput sintetis sebagai hiasan dinding dan lantai teras rumah. Hasilnya, rumah akan terlihat lebih hijau, segar, dan asri. Supaya lebih asri, Anda juga bisa menambahkan aksesoris seperti kursi dan tanaman hias di pot.

  • Mendominasi dengan Aksen Kayu

Teras rumah dengan aksen kayu dapat memberikan kesan minimalis dan hangat. Anda bisa menggunakan cat dinding berwarna coklat dan furnitur dengan warna yang serupa untuk memberikan kesan kayu yang hangat.

  • Menempatkan Kursi Gantung

Bagi Anda yang menginginkan teras estetik, maka bisa tambahkan dekorasi seperti kursi gantung dan furnitur lain dengan warna netral. Selain memiliki bentuk yang estetik, kursi gantung juga dapat Anda gunakan sebagai tempat bersantai di teras.

  • Membangun Gazebo

Terakhir, Anda bisa membuat teras yang menarik dan unik dengan membuat gazebo di teras Anda. Gazebo bisa Anda buat dari kayu maupun besi. Kemudian, tambahkan dekorasi seperti tanaman hias dan rumput sebagai alas lantai. 

Dalam membuat gazebo jangan lupa untuk menggunakan waterproofing semen sebagai perlindungan.

Itulah beberapa inspirasi teras rumah yang bisa meningkatkan estetika hunian Anda. Area teras yang terbuka menjadi area yang kerap terkena perubahan cuaca dari air hujan sampai cuaca panas sehingga diperlukan semen waterproofing.

Sika sendiri sudah berpengalaman dalam proyek selama sekitar 113 tahun serta menjadi pencetus pertama waterproofing semen di Indonesia. Tidak hanya itu, Sika sudah menangani proyek-proyek besar, salah satu contohnya proyek Dzilam Windafarm di Mexico. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih detail, maka klik di sini!

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *