Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Jember Fashion Carnaval di Banjarmasin SF 2020

2 min read

jember fashin carnaval 2020

Lilpjourney.com | Banjarmasin – Festival Sasirangan Banjarmasin (BSF) kembali digelar. Tahun 2020 merupakan tahun ke empat acara digelarnya ini. Acara tahunan Kota Banjarmasin ini dilaksanakan tanggal 4-8 Maret 2020. Sebelum acara BSF ini digelar, Pemerintah Kota Banjarmasin sebelumnya (22/2) telah meluncurkan Kalender Acara Banjarmasin 2020 di Pantai Double Six, Kuta, Bali. Pemilihan Bali sebagai tempat menyetujui Kalender Acara Banjarmasin 2020 tidak lepas dari wisatawan dari berbagai penjuru dunia yang direkomendasikan Pulau Dewata tersebut. Ada yang spesial ada pageralan BSF kali ini. Ialah tamu Jember Fashion Carnaval di Banjarmasin Sasirangan Festival 2020. 

SPARKLING DARI SUNGAI

jember fashion carnaval banjarmasin
Jember Fashion Carnaval di Banjarmasin | Dok Pribadi

Mengangkat tema Sparkling From The River, acara malam puncak BSF yang berlokasi di Siring Menara Pandang dimeriahkan oleh Band Kotak. Tampil menghibur pengunjung di atas panggung kapal tongkang di tengah Sungai Martapura, Band Kotak ft. Melly Mono membawakan lagu hitsnya seperti Beraksi, Tendangan dari Langit dan Masih Cinta.

jember fashion carnaval banjarmasin
                     Jember Fashion Carnaval di Banjarmasin | Dok Pribadi

Rangkaian acara BSF 2020 ditutup dengan pagelaran peragaan busana karnaval. Dilaksanakan dari Universitas Islam Negeri Antasari sampai halaman TVRI Kota Banjarmasin Km 6 pada hari Minggu, 8 Maret 2020 ini berlangsung sangat meriah. Tidak hanya menampilkan kreasi baju sasirangan, acara BSF 2020 juga dimeriahkan oleh Jember Fashion Carnaval (JFC). Jika para model dari Banjarmasin mengenakan baju sasirangan bernuansa kuning, para model JFC mengenakan baju kreasi bernuansa biru.

Selain baju kreasi arak-arakan, berkontribusi SKPD Kota Banjarmasin juga turut meramaikan acara BSF 2020 ini. Mereka kompak menggunakan baju sasirangan serta membawa papan himbauan seperti: I Love Sasirangan. Beberapa SMP dan SMA Kota Banjarmasin juga turut serta berpawai untuk mengenalkan kain khas Banjarmasin.

BERMUKIM DI KAMPUNG URANG BANUA

kai api jember fashion carnaval banjarmasin
                    Jember Fashion Carnaval di Banjarmasin | Dok Pribadi

Pernah termakan hoax bahwa orang Kalimantan suka memakan manusia? Pun gue pernah mempercayai hal tersebut. Sampai akhirnya 2009 gue pindah ke Kota Seribu sungai ini dan resemi menjadi bagian masyarakat Banjarmasin pada 2012. Setahun belakang gue memang giat untuk mengeksplor kota tempat gue mengadu rezeki ini.

Pasar terapung yang dulunya asing, sekarang perlahan gue kenali. Kain sasirangan yang dulunya sebatas baju wajib untuk sekolah pada hari Kamis, sekarang mulai bangga gue kenakan. Well hidup di Banjarmasin ternyata penuh warna. Apalagi pagelaran Banjarmasin Sasirangan Festival kemarin sangat membuat gue bangga terhadap kota ini.

Untuk ukuran karnaval pertama, Banjarmasin cukup sukses dengan kreasi busananya. Masih banyak celah untuk dibenahi, tapi kita harus mengapresiasi apapun yang memang bersifat positif.

Jember fashion carnaval banjarmasin
                        Banjarmasin Sasirangan Festival | Dok Pribadi

 

Gue bersama Mba Utari, Nisa dan Mba Retno yang sama-sama blogger sangat menikmati event Banjarmasin kali ini. Apalagi dengan hadirnya Jember Fashion Carnaval yang turut menambah warna pagelaran tahunan Banjarmasin ini.

Jadi, kapan main ke Banjarmasin? Kota Seribu Sungai yang industri pariwisatanya sudah sangat berkembang. Tidak hanya Kampung Sasirangan, saat ini juga ada Kampung Biru dan Kampung Hijau yang menarik untuk dikunjungi. Oh iya, tidak ketinggalan pesona pasar terapung Kuin Alalak juga tidak kalah cantik.

Pelanggaran di Jalur Pdestrian
Pelanggaran di Jalur Pdestrian | Dok Pribadi

Tapi sangat disayangkan setelah pagelaran yang luar biasa keren, disuguhi dengan pemandangan kita masih gagap terhadap peraturan. Membenarkan yang biasa, padahal jelas salah. Coba tengok gambar di atas. Padahal sudah jelas sekali trotoar dengan fasilitas untuk pejalan kaki yang lebih memadai tetapi sebaliknya digunakan para pengendara roda dua untuk ‘jalan’ mereka. Nah semoga kedepannya kita semakin berbenah. Apalagi negara kita baru disebut sebagai salah satu negara maju (?).

PS
Peluk dari jauh

 

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Air Terjun Jaksa di Kecamatan Cisarua, Kota Bogor, Destinasi…

Lilpjourney.com | Air Terjun Jaksa – Salah satu air terjun yang menarik untuk dikunjungi wisatawan di Kota Bogor adalah Air Terjun Jaksa. Wisata ini...
Lilpjourney
1 min read

33 Replies to “Jember Fashion Carnaval di Banjarmasin SF 2020”

  1. Aduh, pinginnnn
    Ternyata Banjarmasin punya even sekeren ini
    Salah satu impianku nih, jalan jalan ke Kalimantan, khususnya ke Banjarmasin

    1. hehehe iya kak
      ini tahun ke empat dan lebih ramai karena mengundang jember fashion carnaval
      kabar-kabar ya kak kalau ke Banjar, siapa tau bisa ngajak kakak jalan

  2. BSF ini mirip jember fashion karnival ya mbak? klo gak salah. Keren banget kostum-kostumnya, ini membuktikan orang indonesia kreatif

  3. makin bungas aja Banjarmasin wahini lah.sudah lawas nah kada bulik kampung, thanks mba tulisan ini mengobati rasa rindu kampung halaman

    1. Belum pernah ikut ke karnaval seperti ini, pasti seru banget yaa! Kalau aku pasti sibuk fotoin pesertanya, soalnya apik banget!

  4. AKu malah baru denger tuh ada hoax kaya gitu. Btw, keren yaa Jember Fashion sampe ke Banjarmasin juga. Ayo mba share lebih banyak tentang life di Banjarmasin dong aku penasaran deh

  5. Seandainya Banjarmasin cuma 1 jam jaraknya dari rumah. Aku pasti sudah ke acara ini. Apalagi ada Jember Fashion Carnaval yang sudah mendunia itu. Pasti menyenangkan.

    1. Sama, Mbak
      Atau seandainya ada kereta api kh atau transportasi lain yg lebih cepat.

      Btw soal gagap peraturan itu memang bener, bikin gregetan

      1. semoga segera ada transportasi tepat untuk tanah rawa seperti di Kalimantan ya kak. tentunya trasnportasi tepat juga akan meningkatkan banyak sektor seperti wisata dan bisnis.

  6. Terima kasih sudah menyebut namaku (wkwkwkwkwk) memang seru nonton BSF. Apalagi ada penampilan dari Jember, wah beneran keren abis. Semoga tahun depan peserta dari kalsel makin banyak dan kreatif.

    1. Bener banget kak. Semoga tahun depan ada lagi yaaa…
      Dan dengan di undangan JFC bisa menginspirasi untuk membuat kreasi baju yang lebih keren lagi tahun depan

  7. Kampung biru kampung hijau? Aduh kok aku belum tahu, huhu. Padahal sudah ada 5 tahun di sini. Acara-acara di banjarmasin emang keren ya. Sering diselenggarakan festival terkait budaya gitu

  8. Seru banget kemaren liat carnaval ini, walau cuma sekilas dijalan saat antar anak terapi.. semoga Banjarmasin makin sering mengadakan event budaya yang sangat menarik seperti ini.

  9. Namanya ada jembernya ya. Aku taunya ini dulu cm ada di jember dan yg disini dulu namanya banjar fashion carnival. Sekarang malah di adopsi yg dari jember ya. Menarik banget, aku baru tau

  10. Bangga ya tinggal di banjarmasin, acara pagelaran begini tentu sangat bagus untuk perkembangan kebudayaan dan sosial bagi kita masyarakatnya, selain itu juga dapat menarik minat wisatawan dari luar banjarmasin hehe

  11. Nggak pernah bosan kalo liat karnaval selalu berfikir ini bikin kostumnya berapa lama ya dan bajet nya bpr

  12. Kalau membaca hal semacam ini, saya jadi tidak sabar ingin ibukota segera dipindahkan ke Kalimantan, sehingga saya bisa ikut pindah dan ikut eksplore Kalimantan juga.

    Soal Fashion, memang Jember ini salah satu juaranya sih. Senang lihat Banjarmasin mau undang Jember hadir di BSF.

    Ahahaha, bagian terakhir itu nggak banget sih. Masih ada aja ‘pemotor liar’

  13. aku sebagai orang jember, turut bangga kalo JFC udah perform di festival tahunan Banjarmasin. animo masyarakat Banjar tinggi sekali ya dengan acara ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *