Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Cara Eksfoliasi Wajah Khusus Pria Biar Muka Nggak Kusam

3 min read

Eksfoliasi Kulit Wajah Pakai Face Scrub

Kadang aku suka iri kalo ngeliat wajah cowok yang mulusnya kebangetan, padahal mereka kalau perawatan cuma pakai “eksfoliasi” doang. Eh, tapi beneran lho! Wajah suamiku juga bisa dibilang lumayan mulus meskipun yang diandalkan buat perawatan wajah cuma sabut cuci muka.

Tapi bukan sabun cuci muka biasa lo ya. Sabun cuci muka yang do’i pakai itu sebenarnya mengandung exfoliator (scrub). Tapi beneran loh… ternyata eksfoliasi itu ampuh banget buat ngatasin wajah kusam dan dark spot (bintik hitam).

BTW, kalian yang cowok sudah tau kan, eksfoliasi itu apaan? Buat kalian yang belum familiar. Eksfoliasi adalah proses membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit wajah.

Eksfoliasi Adalah…

Dari penjelasan singkat aku di atas tadi, Kalian pasti bertanya-tanya, kenapa sih kita perlu menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit wajah?

Jadi gini! Kulit kita sebenarnya terbuat dari sel dan jaringan. Sel-sel kulit kita bisa tumbuh dan mati. Kalau menurut para dermatologist (dokter spesialis kulit), siklus pergantian sel kulit orang dewasa berlangsung sekitar 28 sampai 42 hari.

Jadi, kulit kita secara alami akan melepaskan menghilangkan sel-sel kulit mati setiap 30 hari atau lebih. Setelah menghilangkan sel-sel kulit mati, sel-sel kulit baru akan akan membentuk lapisan kulit (terluar).

Pentingnya Melakukan Eksploitasi pada Kulit Wajah

Tapi masalahnya, kalau sel kulit yang sudah mati nggak bisa terlepas, inilah yang akan bikin kulit wajah kita jadi kelihatan kusam, atau kelihatan kayak ada noda-noda hitamnya (dark spot), jadi kelihatan kering, dan juga kadang-kadang kelihatan bersisik kalau udah parah banget.

Untuk membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, kita membutuhkan yang namanya exfoliator. Salah satu exfoliator yang bisa dengan mudah kita temukan adalah sabun cuci muka.

Tapi ingat! Nggak semua sabun cuci muka dirancang atau diformulasikan untuk membantu menghilangkan sel-sel kulit mati.

Hanya sabun cuci muka yang dilengkapi dengan scrub saja yang biasanya bisa digunakan untuk eksfoliasi.

Kahf Gentle Exfoliating Face Scrub adalah salah satu contoh produk sabun cuci muka pria yang mengandung scrub atau exfoliator.

Tapi sebelum aku lanjutin pembahasan soal eksfoliasi ini, mumpung udah aku sebutin, sekalian aja aku bahas sedikit tentang kelebihan Kahf Gentle Exfoliating Face Scrub ini. 

Jadi, Kahf Gentle Exfoliating Face Scrub adalah scrub wajah pria yang diformulasikan secara khusus untuk membantu mengangkat sel kulit mati, sekaligus bisa membantu menyamarkan noda-noda hitam dan mengatasi muka yang kusam.

Sejauh yang aku tahu, sabun cuci muka khusus pria ini mengandung ekstrak Brazilian Coffee dan Korean Ginseng. Manfaat kedua ekstrak ini adalah untuk membantu menyamarkan pori-pori dan noda hitam.

Saking ampuhnya, Kahf Gentle Exfoliating Face Scrub ini bisa bikin wajah tampak cerah hanya dalam 7 hari pemakaian.

Salah satu kelebihan Kahf Gentle Exfoliating Face Scrub ini kalau dibandingkan sama sabun wajah lainnya terletak pada kemampuannya dalam mengangkat sel kulit mati tanpa membuat kulit kehilangan kelembaban alaminya.

Kelebihan Face Scrub

Dermatologist umumnya menyarankan kita untuk melakukan eksfoliasi 2 minggu sekali sebagai bagian dari rutinitas perawatan wajah.

Tapi jangan salah paham ya. Yang dimaksud di sini adalah eksfoliasi yang benar-benar fokus mengangkat sel kulit wajah secara menyeluruh menggunakan alat khusus. Misalnya, pakai exfoliator kimia atau granular yang memang dirancang secara khusus.

Alat-alat yang dibuat secara khusus untuk eksfoliasi ini memang nggak boleh sering-sering dipakai. Apalagi kalau dipakai setiap hari. Sangat tidak disarankan! Kalau kita pakai setiap hari, selain bikin kulit kita jadi tipis, alat-alat exfoliator khusus ini bisa bikin kulit kita jadi kering dan bermasalah.

Berbeda dengan alat-alat exfoliator seperti yang aku sebutkan tadi itu, cara kerja face scrub lebih gentle atau lebih lembut dan halus.

Kalau kita melakukan eksfoliasi pakai face scrub, ada beberapa kelebihan yang bisa kita peroleh.

  • Karena ini bentuknya adalah sahabat cuci muka. Maka, sabun cuci muka ini bisa kita pakai setiap hari untuk menghilangkan kelebihan minyak wajah atau untuk mengangkat kotoran-kotoran seperti polusi, debu, atau kotoran-kotoran lainnya yang pasti setiap hari akan nempel di wajah kita
  • Dengan adanya kandungan scrub di sabun cuci muka seperti Kahf Gentle Exfoliating Face Scrub yang aku contohkan tadi, kita nggak perlu lagi pakai exfoliator khusus yang perlu diterapkan setiap 2 minggu sekali
  • Kalau kita beli sabun cuci muka yang bagus seperti Kahf Gentle Exfoliating Face Scrub, kita bahkan bisa dapat banyak bonus. Misalnya, noda-noda hitam bakal tersamarkan, bisa membantu menyamarkan pori, dan bisa sekaligus membantu menghilangkan kekosongan sehingga kulit terlihat lebih cerah

Cara Eksfoliasi Kulit Wajah Pakai Face Scrub Khusus Pria

sabun eksfoliasi wajah priaCara pakai face scrub atau sabun cuci muka yang mengandung scrub sebenarnya nggak jauh berbeda satu sama lain. Hanya saja, yang membedakan mereka itu adalah, kandungannya, manfaatnya, dan efektivitasnya.

Sebagai gambaran, aku akan kasih contoh cara eksfoliasi kulit wajah pakai produk Kahf Gentle Exfoliating Face Scrub.

  1. Langkah pertama. Sebisa mungkin, cuci muka pakai air hangat suam-suam kuku. Gunanya adalah untuk membuka pori-pori supaya kotoran-kotoran lebih gampang terangkat. Terus yang kedua, air yang agak hangat juga bisa bikin sel-sel kulit yang sudah mati jadi lebih gampang terangkat
  2. Setelah itu tuangkan face scrub secukupnya ke telapak tangan
  3. Gosok-gosok sampai berbusa, kemudian terapkan ke seluruh bagian wajah, khususnya bagian dahi, hidung, dan pipi
  4. Gosok-gosok dengan gerakan melingkar menggunakan ujung jari secara lembut
  5. Setelah itu bilas dengan air bersih, lalu
  6. Akhiri proses eksfoliasi wajah pakai face scrub dengan membilas wajah pakai air dingin. Tujuannya adalah untuk menutup kembali pori-pori

Penutup

Wajah pria maupun wanita sama-sama terbuat dari sel dan jaringan kulit. Sel-sel kulit akan mati setiap 28 sampai 42 hari, dan harus dibersihkan secara rutin menggunakan metode eksfoliasi. Eksfoliasi adalah proses mengangkat sel kulit mati pakai scrub atau exfoliator. Contohnya adalah sabun cuci muka pria seperti Kahf Gentle Exfoliating Face Scrub yang harga resminya sekitar Rp40,700 aja.

Selain mengandung scrub yang bisa berfungsi sebagai eksfoliator untuk mengangkat sel kulit mati, produk Kahf Gentle Exfoliating Face Scrub juga mengandung ekstrak Brazilian Coffee dan Korean Ginseng yang bisa membantu mencerahkan kulit dan menyamarkan noda-noda hitam.

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *