Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Rekomendasi Tempat Kursus Bahasa Mandarin Terdekat dan Terbaik

3 min read

Tempat Kursus Bahasa Mandarin

Lilpjourney.com | Tempat kursus bahasa Mandarin terdekat sebenarnya tidak perlu kita cari, karena saat ini kita bisa kursus dari mana saja dan waktunya pun bisa kita atur berdasarkan jadwal yang kita miliki.

Bagaimana caranya kursus bahasa Mandarin dari mana saja dan kapan saja?

Sederhana! Ini adalah era teknologi. Di mana, segala sesuatunya bisa diakses secara online melalui smartphone atau berbagai macam gawai lainnya semisal laptop (komputer) ataupun tablet.

Tempat kursus bahasa Mandarin terbaik yang aku rekomendasikan adalah di Ruangguru Privat. Tempat kursus online Bahasa Mandarin ini bisa diakses melalui web browser dan bisa juga lewat aplikasi. Aplikasinya sendiri sudah tersedia di Play Store untuk pengguna hp Android dan App Store untuk penggunaan produk Apple. Untuk alasan lain kenapa saya merekomendasikan Les Mandarin di Ruangguru, akan saya bahas di bagian bawah.

Mengapa Kamu Harus Kursus Bahasa Mandarin?

Ketika kita ingin mempelajari suatu bahasa, pasti ada alasan-alasan tertentu yang melatarbelakangi kenapa kita ingin belajar bahasa tersebut.

Belajar bahasa Mandarin (Putonghua) contohnya. Kalau kita mempelajari salah satu dialek bahasa Cina ini, berikut adalah alasan mengapa bahasa Mandarin layak untuk dipelajari lewat kursus (les).

Alasan pertama karena bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Hampir sama banyaknya dengan penutur bahasa Inggris.

Menurut sejumlah data yang pernah aku baca, setidaknya ada 1,10 miliar penutur bahasa Mandarin di dunia. Sedangkan penutur bahasa Inggris jumlahnya sekaita 1.12 miliar. Di Indonesia, bahasa Mandarin sendiri adalah salah satu bahasa yang paling banyak digunakan oleh etnis Tionghoa.

Alasan kedua. Bahasa Mandarin merupakan bahasa resmi di Tiongkok dan Taiwan, serta merupakan satu dari empat bahasa resmi di Singapura, juga merupakan satu dari 6 bahasa resmi di PBB.

Singkatnya, dibandingkan dengan bahasa China lainnya seperti bahasa Hokkian atau bahasa Kanton, bahasa Mandarin adalah yang paling banyak penuturnya.

Kemudian, belajar bahasa Mandarin akan membuka peluang kerja yang lebih luas. Karena saat ini, perusahaan-perusahaan banyak yang mengutamakan karyawan dengan kemampuan berbahasa asing.

Alasan keempat, mempelajari bahasa asing akan memudahkan kita pada saat pergi wisata atau travelling. Khususnya ke tempat-tempat yang penduduknya rata-rata menggunakan bahasa Mandarin.

Di samping keempat alasan tersebut, tentu saja masih ada banyak alasan alasan lainnya mengapa kita perlu belajar bahasa Mandarin. Termasuk diantaranya, membantu kita memperluas jaringan pertemanan, memudahkan kita mempelajari sejarah dan budaya Cina, bisa meningkatkan kemampuan otak, dan bisa juga dijadikan sebagai dasar untuk mempelajari dialek Cina lainnya seperti Bahasa Kanton, Bahasa Hakka, Bahasa Gan, Bahasa Min, dan juga bisa dijadikan sebagai dasar untuk mempelajari bahasa lain seperti bahasa Tibet hingga Burma.

Perbedaan Bahasa China, Mandarin, Hokkian, dan Kanton?

Dulu, aku pernah menyangka kalau bahasa China (Cina) itu semuanya sama saja. Tapi setelah aku banyak membaca, aku jadi tahu kalau bahasa Cina itu sebenarnya punya banyak dialek.

Beberapa contoh dialek bahasa Cina yang paling populer diantaranya adalah, dialek Mandarin atau yang lebih kita kenal dengan istilah bahasa Mandarin (Putonghua). Kemudian ada juga bahasa Hokkian (Hokkien), bahasa Kanton (Cantonese), bahasa Hakka, hingga bahasa Gan.

Selain kelima dialek bahasa Cina yang aku sebutkan di atas tadi, masih ada banyak dialek bahasa Cina lainnya yang digunakan di berbagai wilayah Tiongkok dan oleh komunitas Tionghoa di luar negeri.

Perbedaan antara bahasa China, bahasa Mandarin, bahasa Hokkian, bahasa Kanton, dan berbagai bahasa atau dialek lainnya terletak pada karakteristik, pengucapan, intonasi, kosakata, hingga struktur bahasanya.

Rekomendasi Tempat Kursus bahasa Mandarin Terbaik

les privat mandarinVirus Covid 19 yang menyebabkan pandemic di berbagai negara, termasuk di Indonesia, telah menyebabkan banyak perubahan kebiasaan maupun budaya.

Dari sekian banyak hal yang berubah dalam sisi kehidupan kita akibat pandemi Covid-19, cara kita belajar adalah salah satu yang terpengaruh.

Jika dulu kita lebih sering mengandalkan belajar tatap muka dengan datang langsung ke sekolah atau ke tempat kursus, saat ini teknologi seperti smartphone dan internet memungkinkan kita untuk belajar secara daring atau online.

Dengan adanya kursus online, kita nggak perlu lagi mencari tempat kursus terdekat. Karena kursus secara online bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja, selama ada gadget dan koneksi internet.

Khusus untuk kursus bahasa Mandarin secara online, aku pribadi sangat merekomendasikan Ruangguru. Setidaknya, ada 8 alasan kenapa aku menempatkan Ruangguru sebagai salah satu tempat kursus online bahasa Mandarin terbaik.

  1. Waktunya fleksibel. Kalau kita kursus bahasa Mandarin di Ruangguru, kita bisa mengakses materi pelajaran dan berpartisipasi di kelas berdasarkan jadwal yang kita punya.
  2. Kalau kursus di Ruangguru, kita bisa mengakses materi pembelajaran baik video maupun modul, latihan, dan juga sumber-sumber lainnya kapan saja kita mau.
  3. Ruangguru menyediakan materi pelajaran yang lengkap berupa teks, video, audio, hingga materi interaktif. Jadi, kita bisa menyesuaikan dengan cara belajar kita masing-masing
  4. Instrukturnya berpengalaman dan merupakan penutur asli Bahasa Mandarin. Jadi, bahasa yang kita pelajari akan lebih berkualitas
  5. Menyediakan fitur-fitur interaktif yang memungkinkan Anda berlatih berbicara, mendengar, dan menulis Bahasa Mandarin
  6. Harga kursus bahasa Mandarin di Ruangguru sangat terjangkau. Bahkan, ada juga voucher yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi biaya kursus
  7. Progres atau kemajuan yang kita peroleh selama kursus bisa dilihat grafiknya. Sehingga, kita bisa mengetahui di bagian mana saja yang pencapaian sudah maksimal, dan bagian mana saja yang perlu dibenahi
  8. Cara belajar bahasa Mandarin yang diterapkan oleh Ruangguru sangat menyenangkan karena dilengkapi dengan animasi serta beragam multimedia berbasis teknologi

Penutup

Les Mandarin di Ruangguru adalah opsi yang paling aku rekomendasikan kalau kamu mencari tempat kursus bahasa Mandarin terdekat sekaligus yang terbaik.

Aksesibilitas, materi pembelajarannya tersedia dalam bentuk video dan animasi beserta teks maupun audio. Begitu juga dengan instrukturnya, sangat berpengalaman dan rata-rata merupakan penutur bahasa Mandarin asli. Disamping itu, biaya les bahasanya terjangkau, dan platform pembelajaran yang bisa diakses secara online melalui web browser atau aplikasi di hp. Itu semua adalah alasan-alasan mengapa aku sangat merekomendasikan Ruangguru kalau kamu mau mencari tempat kursus bahasa Mandarin yang bagus.

Lilpjourney Seorang travel blogger Indonesia yang suka jalan-jalan menyusuri keindahan alam berbalut adat dengan aroma secangkir kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *